21.000 Pemuda Akan Hadir di Raimuna Nasional XII Tahun 2023

21.000 Pemuda Akan Hadir di Raimuna Nasional XII Tahun 2023

23 June 2023


Kabar Maju - Raimuna Nasional merupakan kegiatan pesta pertemuan bagi anggota Pramuka Golongan Penegak dan Pandega (usia 16--25 tahun) dari seluruh Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan dalam kurun waktu kurang lebih 5 tahun sekali, dengan tujuan untuk mempererat persaudaraan antar suku dan budaya, meningkatkan jiwa nasionalisme, memperkenalkan keberagaman Indonesia, serta memperkuat rasa memiliki sesama anggota Pramuka. 


Raimuna Nasional Tahun 2023 akan diselenggarakan di Jakarta, 14--21 Agustus 2023 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur. Sebanyak 21.000 generasi muda akan berkumpul di Raimuna Nasional XII ini. Partisipan di antaranya terdiri atas peserta dari 32 kontingen cabang, unsur kontingen daerah, unsur kontingen cabang, kontingen luar negeri, peserta unsur komunitas, sangga kerja nusantara, dan personel pendukung. 


Raimuna Nasional XII Tahun 2023 merupakan momentum menciptakan talenta emas Indonesia 2045. Raimuna Nasional kali ini mengusung tagline "Rainas 2023: Bangun Generasi Kita (BANGKIT)".


"Generasi muda akan mengikuti kegiatan yang mempererat persatuan dan kesatuan, merawat budaya, adaptasi dengan teknologi, peningkatan skill dan pengetahuan, dan pengabdian masyarakat," ujar Ketua Dewan Kerja Nasional Pramuka, Fatkhul Manan. 


Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo juga menyatakan dukungan yang besar terhadap kegiatan ini. "Saya sangat mendukung Kemenpora untuk melakukan kolaborasi dengan Kwarnas dalam pelaksanaan kegiatan Raimuna Nasional Tahun 2023," ungkap Menpora.